Para lulusan di Program Studi Teknik Komputer diharapkan mempunyai kemampuan dalam bidang sistem real time dan embedded, sistem pengaturan otomatis, jaringan komputer serta komputer visi dan grafis. Lulusan Program Studi Teknik Komputer telah banyak bekerja dalam berbagai jenis profesi sebagai Programmer, Software Engineer, Hardware Design, Network Administrator, Computer System Analyst, Manager/Supervisor, Services/Technical Support, Marketing/Sales.
Semester 1 |
||
No |
Mata Kuliah |
Kompetensi yang akan didapat |
1 |
Rangkaian Listrik dan Elektronika 1 |
Elektro statis, rangkaian resitif DC, Hukum Kirchhoff's, Nodal dan Mesh emphasis, sumber-sumber, teori Thevenin dan Norton, RC, RL, solusi rangkaian RLCdengan inisial kondisimenggunakan homogenous atau non homogenous ordinary differential.equations having constant coefficients, Diode dan aplikasinya , karakteristik transistor dan aplikasi sederhana dari rangkaian transistor. |
2 |
Pemrograman Dasar 1 |
Alogoritma, flowchart dan pseudo code, dasar-dasar pemrograman, penyeleksian kondisim, perulangan, fungsi, array, string, pointer dan struktur menggunakan bahasa C. |
Semester 2 |
||
No |
Mata Kuliah |
Kompetensi yang akan didapat |
1 |
Rangkaian Listrik dan Elektronika 2 |
Electronic properties of materials,Bipolar transistors and logic families, Design parameters and issues, Amplifier design, Integrated circuit building blocks. |
2 |
Rangkaian Logika 1 |
Sistem Bilangan, Aljabar Boolean & Gerbang-gerbang Logika, Peta Karnaugh, Flip-Flop, Register, Sekuensial Asinkron, Sekuensial Sinkron, XILINK. |
3 |
Pemrograman Dasar 2 |
Array, Pointer, struktur, stack, queue, single link list,double link list, rekursi, sorting (insertion, selection, bubble, shell, quick, merge) , searching, TSP. |
Semester 3 |
||
No |
Mata Kuliah |
Kompetensi yang akan didapat |
1 |
Organisasi Komputer |
Pengantar Organisasi Komputer, Evolusi dan kinerja komputer, struktur CPU, memori, storage, I/O, sistem bus. |
2 |
Rangkaian Logika 2 |
Konversi Digital ke Analog (DAC), Konversi Analog ke Digital (ADC), Rangkaian Flip-flop, penghitung asinkron, penghitung sinkron, register, analisis rangkaian, analisis rangkaian dengan master slave, sintesis rangkaian sekuensial, proses sistesis. |
3 |
Pemrograman Berorientasi Obyek |
Pengenalan pemrograman java, konsep OOP, dasar pemrograman java, array, operator, penugasan, konsep enkapsulasi, abstraksi data, modifiers, converting & casting, java languange package, string, koleksi API, flow control, exception handling & assertion, inheritance & polymorphism, obyek & class, advance class, inner class, input & output, threads. |
4 |
Bahasa Assembly |
Instruksi-instruksi bahasa assembly dan aplikasinya meliputi instruksi pengalamatan, aritmatika, logika, rotasi, lompatan, sub rutin, stack. Fitur-fitur dari mikrokontroler yaitu interrupt, time/ counter, serial dan beberapa aplikasi seven segment dan dot matrik, LCD, motor stepper, ADC-DAC. |
5 |
Workshop Elektronika |
Konsep Dasar Listrik, Hukum Ohm, Rangkaian Seri Dan Paralel, Rangkaian Pembagi Tegangan Dan Hukum Kirchoff, Rangkaian Kombinasi Seri – Paralel, Analisa Jaringan DC, Teori Dasar AC, Bilangan Kompleks, Reaktansi Dan Impedansi, Diode – Karakteristik dan Aplikasinya, Filter, Transistor – Karakteristik dan Biasing. |
Semester 4 |
||
No |
Mata Kuliah |
Kompetensi yang akan didapat |
1 |
Arsitektur Komputer |
Prinsip kerja CPU, perkembangan CPU, ALU, set intruksi, mode pengalamatan, struktur dan fungsi Cpu, hubungan dengan OS, teknologi RISC dan operasi Unit Kontrol. |
2 |
Sistem Operasi dan Sistem Operasi Real Time |
Pengenalan Umum Sistem Operasi dan Struktur Sistem Komputer, Struktur Sistem Operasi , Manajemen Proses, |
3 |
Sistem Embedded 1 |
Pengantar microkontroller, pemrograman I/O, interupsi, timer, serial, lcd, 7 segment. FPGA, dan EDA software, rangkaian kombinasional RT-LEVEL, rangkaian sekuansial, FSM, FSMD, UART, PS2 keyboard dan mouse. |
4 |
Bahasa Pemrograman dan Perangkat Pengolahan Langsung |
Konsep dasar kompilator, input dan analisa leksikal, tata bahasa Context-Free Grammar, top-down parsing, bottom-up parsing, membangun code dan tabel simbol, analisa semantik, strategi optimasi. |
5 |
Sinyal, Sistem dan Kontrol |
Sinyal dan Sistem, Sistem LTI, Konvolusi, Controlability & Observability, Tranformasi Fourier, Sistem, Disturbance and Control, PID Controler, System Stability dan System Identification. |
Semester 5 |
||
No |
Mata Kuliah |
Kompetensi yang akan didapat |
1 |
Pengolahan Sinyal Digital |
Pengenalan tentang sinyal, konversi analog ke digital dan sebaliknya, konsep aliasing, representasi domain-waktu dan domain-frekuensi, konvolusi - korelasi, transformasi Laplace dan transformasi-Z dan filter digital. |
2 |
Sistem Embedded 2 |
Pengenalan ARM-9, Serial Interface dan Reset, Aliran Program dan mode pengalamatan, Proses Disain Sistem |
3 |
Konsep Jaringan |
Konsep Jaringan, konfigurasi jaringan, lapisan OSI, Protokol, Media Transmisidan Topologi Jaringan, IP Address dan netmask, Subnetting, Konsep Routing Statis |
4 |
Rekayasa Perangkat Lunak |
Deskripsi RPL, Model Proses RPL, Pemodelan Sistem, Pendahuluan UML, Use Case Diagram dan Skenario, Activity Diagram, Sequential Diagram, Collaboration Diagram, Kelas Diagram, Prototipe, Testing Software, Dokumentasi Software, DFD. |
5 |
Sistem Pengaturan Komputer 1 |
Pengendalian konvensional dan modern dalam rangka untuk mengontrol sistem seperti motor, switch dan lampu, titik ke titik komunikasi menggunakan serial RS-232, protokol TCP/IP dan RS-485. |
Semester 6 |
||
No |
Mata Kuliah |
Kompetensi yang akan didapat |
1 |
Administrasi Jaringan |
Web server, DHCP, DNS, FTP, NFS, proxy, traffic shapping, network monitoring, voip server, mail server, kerberos. |
2 |
Pengolahan Citra Digital |
Model Citra, Tranformasi gray-scale, statistik ctra, perbaikan citra, transformasi fourier, filtering, reduksi noise, deteksi tepi, ekstraksi fitur (warna, bentuk, tekstur), segmentasi, pencarian citra, pengenalan karakter, deteksi obyek. |
3 |
Sistem Pengaturan Komputer 2 |
Prinsip-prinsip sistem fundamental, teknik kontrol dan desain untuk pengendali konvensional dan modern, teknik antarmuka menggunakan komputer sebagai kontroler pusat. |
4 |
Grafika Komputer dan Multimedia |
Konsep pembuatan gambar dengan OpenGL, Konsep pembuatan gambar dengan OpenGL, Kurva-kurva parametrik, Representasi Grafik dalam bentuk vector, Algoritma perpotongan objek, Transformasi objek 2 dimensi, Transformasi objek 3 dimensi, Pemodelan benda padat dengan jaring polygonal, Pemodelan polyhedra dengan jaring polygonal, Pemodelan permukaan dengan jaring polygonal, Visualisasi 3 dimensi. |
5 |
Teknologi Sensor |
Prinsip-prinsip kerja berbagai sensor, seperti sensor suhui, sensor tekanan, sensor kelebaban, sensor jarak, sensor posisi, sensor aliran fluida dan berbagai jenis sensor lain. |
Semester 7 |
||
No |
Mata Kuliah |
Kompetensi yang akan didapat |
1 |
Keamanan Jaringan |
Monitoring jaringan & analisis log, network scanner & probling, manajemen password, konfigurasi firewall, IDS dengan Triwire ; SNORT; PORT, Sniffing & Session, hijacking, email securituy, virus trojan & backdoor, web server hacking & countermeasures. |
2 |
Sistem Cerdas |
Jaringan cerdas McCulloch & Pits, Perception, Least Mean Square, SOM, kohonen, backpropagation, counterpropagation, Linear Vector Quantization, Fuzzy, Fuzzy Inference System, dan Neuro Fazzy. |
3 |
Robot dan Otomatisasi |
Pengenalan robotika,Jenis robot dan aplikasinya, Deskripsi spasial dan Transformasi,, kinematika bodi robot, kinematika dan inverse kinematika robot, Kinematika Multi DOF (DH-Parameter), Pengendalian Mobile Robot Menggunakan PID,dinamika pada robot, trajectory planning untuk flexible dan mobile robot, Teknologi Sensor,Actuator,pemodelan robot dan aplikasi AI pada robotika. |
4 |
Computer Vision |
Pendahuluan OpenCV, filtering, deteksi tepi, ekstraksi fitur, fitting, alignment citra, segmentasi, stereo vision, pengenalan obyek, deteksi wajah, dan tracking. |
Semester 8 |
||
No |
Mata Kuliah |
Kompetensi yang akan didapat |
1 |
Interaksi Manusia dan Komputer |
Prinsip Usability, Analisi Tugas, Interface, GUI (Graphical UserInterface), Desain, Prototyping, Dialog, Penanganan Kesalahan &Help -Dokumentasi, Evaluasi, CSCW & UbiquitousComputing, Visualisasi Informasi, Audio & Agent. |
Copyright by Teknik Komputer 2015