Surabaya, tekkom.pens.ac.id – Prestasi kembali diraih oleh dosen Program Studi D4 Teknik Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai memperoleh TOP 500 Peneliti Terbaik Nasional Versi SINTA 2020 Kemeterian Riset dan Teknologi (Kemenristek/BRIN) pada hari kamis 28 mei 2020. Beliau adalah Riyanto Sigit, P.hD., Dosen sekaligus Kepala Program Studi D4 Teknik Komputer.

SINTA sendiri merupakan inovasi sistem informasi iptek yang bertujuan untuk mengukur inovasi sistem networking para peneliti. Riyanto Sigit, P.hD., menjelaskan bahwa SINTA merangkum data publikasi konferensi dan jurnal, serta kualitas berdasarkan kriteria index Scopus. Selama tiga tahun terakhir.

Dalam hal publikasi ilmiah, Riyanto Sigit, P.hD., termasuk dalam kategori penulis ilmiah terproduktif pada bidang yang menjadi interest-nya. “Di antara bidang-bidang itu adalah yang berkaitan dengan bidang Biomedical, Image Processing, dan Artificial Intelligence” tuturnya. Lebih spesifik, imbuhnya, yang bertujuan untuk diimplementasikan di bidang Medical, Enterprise, Process Mining, dan Business Process Management.

Riyanto Sigit, P.hD., tidak sendiri dalam meraih itu semua. Beliau berkolaborasi bersama rekan dosen dan mahasiswa. Selain Riyanto Sigit, ada 3 dosen PENS yang memperoleh TOP 500 Peneliti Terbaik Nasional Versi SINTA 2020. Amang Sudarsono, P.hD dosen Program Studi Teknik Telekomunikasi, Sritrusta Sukaridhoto, P.hD dosen Program Studi Teknik Multimedia Broatcasting dan Farid Dwi Mardiyanto, MT. dosen Program Studi Teknik Elektro Industri. 

Atas pencapaiannya mengantongi TOP 500 Peneliti Terbaik Nasional dari 197.490 peneliti yang ada di Indonesia, Riyanto Sigit berharap dapat menjadi motivasi dosen, peneliti, dan mahasiswa, khususnya di PENS, supaya meningkatkan kegiatan penelitian untuk menemukan invensi dan inovasi. “Harapannya, berangkat dari sana akan muncul publikasi ilmiah dan karya itu dapat dihilirkan menjadi produk yang bernilai ekonomi,” pungkas Riyanto penuh harap. (es)

Translate